3 Kapal Perang TNI AL Siaga di Natuna Utara, Kadispen Bocorkan Kepentingannya.
Sumber :
  • istimewa - Antara

3 Kapal Perang TNI AL Siaga di Natuna Utara, Kadispen Bocorkan Kepentingannya

Sabtu, 27 April 2024 - 22:49 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Tiga kapal perang dari Komando Armada (Koarmada) I TNI Angkatan Laut latihan siaga tempur laut saat tengah berlayar menjaga Laut Natuna Utara yang merupakan perairan terluar dan terdepan Indonesia berbatasan dengan Malaysia dan Vietnam.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Komando Armada I TNI AL Kolonel Laut (P) Yoni Nova Kusumawan saat dihubungi di Jakarta, Sabtu, menjelaskan latihan itu berlangsung selama tiga hari, 24–26 April 2024.

“Personel yang terlibat kurang lebih 250 prajurit TNI AL Koarmada I,” kata Yona.

Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut dalam siaran resminya di Jakarta, Sabtu, menjelaskan tiga kapal perang yang latihan siaga tempur laut, yaitu KRI John Lie-358, KRI Sutedi Senoputra-378, dan KRI Tjiptadi-381, kemudian ada juga pesawat angkut dari Pusat Penerbangan TNI AL Cassa P-8201.

Di Laut Natuna Utara, yang juga bagian dari Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I, tiga kapal perang itu berlatih manuver taktis dan penembakan.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono, saat meninjau latihan dari atas KRI John Lie-358, menjelaskan latihan itu bertujuan meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan prajurit dalam menghadapi berbagai situasi ancaman. Pasalnya, Laut Natuna Utara berhadapan langsung dengan perairan terbuka yang merupakan jalur pelayaran internasional.

“Prajurit diharapkan terus melatih naluri tempurnya untuk menjaga laut Nusantara,” kata Yoos ke jajaran prajurit Koarmada I TNI AL.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral