Anindya Bakrie Pimpin Diskusi Panel B20, Bicarakan Transisi Energi dan Implementasi COP26.
Sumber :
  • tvOne

Anindya Bakrie Pimpin Diskusi Panel B20, Bicarakan Transisi Energi dan Implementasi COP26

Jumat, 28 Januari 2022 - 00:31 WIB

Jakarta, - Anindya Novyan Bakrie, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin, menjadi moderator dan ketua sesi diskusi dalam Inception Meeting B20 di Jakarta, Kamis. Sesi yang dibawakan berfokus dalam perubahan iklim dan penanganannya, transisi energi dan implementasi COP26, serta pengurangan emisi nasional. Sesi kali ini pun menghadirkan beberapa pembicara di antaranya Presiden COP26, pendiri World Economic Forum, CEO Saudi Aramco, serta perwakilan PBB.

Menurut Anindya Bakrie, ada beberapa langkah yang sudah diambil di antaranya inovasi Bakrie Group dalam bergerak ke bisnis yang berkelanjutan dan digital seperti bidang kendaraan berat listrik. "Sebagai pionir dalam industri kendaraan berat listrik (ev heavy mobility) di Indonesia, kami berada dalam jalur yang kuat untuk mendorong Bakrie Group menuju bisnis yang berkelanjutan dan digital, dengan memanfaatkan kekuatan industri dan manufaktur Bakrie," jelas Anindya Bakrie.

Sementara Kadin, lanjut Anindya Bakrie, juga mulai mengimplementasikan net zero emission pada seluruh lini bisnis. "Saya senang bahwa banyak anggota Kadin yang juga mengubah dan mempercepat perjalanan net zero mereka. Dan ini adalah saat yang tepat bagi B20 Indonesia untuk mengutamakan upaya ini sehingga bisnis di seluruh ekonomi negara G20 dapat bergabung untuk menuju masa depan net zero."

"Kami mewajibkan pengurangan emisi sebesar 50% pada Tahun 2030 untuk membatasi pemanasan global sebesar 1,5 derajat Celcius pada tahun 2100, sejalan dengan Kesepakatan Paris yang bertujuan untuk membatasi kenaikan suhu global rata-rata hingga jauh di bawah 2 derajat Celcius dan mengejar upaya 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri," papar Anindya Bakrie. Itulah mengapa B20 Indonesia sangat fokus untuk mengajak komunitas bisnis global menempa masa depan yang berkelanjutan.

Indonesia berkomitmen untuk mencapai net zero pada tahun 2060 (atau lebih awal) – yang terpenting di antara negara-negara G20 lainnya. Indonesia telah menerbitkan roadmap paling komprehensif tentang cara mencapainya.

Permulaan B20 malam ini memperlihatkan bentuk upaya bersama dalam mendorong advokasi transisi net zero yang keberlanjutan menjelang KTT B20. Pertemuan utama B20 akan digelar pada akhir Oktober 2022 di Bali. Nantinya akan ada sejumlah rekomendasi kebijakan yang dihasilkan.(cornelia amy/agung setya/toz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral