Rumah warga Desa Sungai Puring Kecamatan Antang Kalang, Kotim, terendam banjir..
Sumber :
  • Antara

15 Desa Di Wilayah Pedalaman Kotawaringin Timur Dilanda Banjir

Jumat, 16 Juli 2021 - 02:58 WIB

Sampit, tvOne

Banjir melanda Kecamatan Antang Kalang yang merupakan kawasan pedalaman Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, bahkan ketinggian air di beberapa desa merendam rumah warga setempat.

"Semua desa yang dilanda banjir ini berada di jalur Sungai Kalang. Desa yang paling banyak terdampak banjir adalah Desa Sungai Puring karena daerahnya rendah," kata Pelaksana Tugas Camat Antang Kalang Watmin dihubungi dari Sampit, Kamis (15/7) malam.

Kecamatan Antang Kalang berada di utara atau kawasan hulu dengan waktu tempuh dari Sampit sekitar 4 jam. Dari 15 desa di kecamatan ini, ada 11 desa yang aksesnya mengandalkan jalur sungai karena terbatasnya infrastruktur jalan.

Sebagian penduduk bermukim di sekitar daerah aliran sungai. Kondisi ini, menurut dia, cukup rawan karena begitu air sungai meluap, rumah-rumah tersebut bisa terendam banjir.

Watmin baru menerima laporan terjadi banjir dari empat desa. Laporan yang diterima berupa foto, belum disertai data jumlah rumah yang terendam dan warga yang terdampak banjir.

Selain kendala infrastruktur, terbatasnya jangkauan jaringan telekomunikasi juga menjadi hambatan di kecamatan ini. Namun, dia sudah meminta seluruh kepala desa mendata kondisi di desa masing-masing dan segera melaporkannya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
Viral