Sapi Qurban Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Antara

Sapi Kurban Presiden Jokowi di Bandung berbobot Nyaris Satu Ton

Sabtu, 17 Juli 2021 - 16:09 WIB

Bandung, Jawa barat - Seekor sapi berukuran jumbo milik peternak sapi, Agus sumartono, asal kampong Pangragajian, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, sapi miliknya terpilih untuk kurban Presiden Joko Widodo pada Iduladha 2021.

Sapi jenis simental berbulu cokelat dan putih ini terlihat gempal, bersih, sehat dan lincah. Bahkan, karena terlampau besar dan berat, pemilik sapi nyaris kewalahan saat berusaha mengeluarkan sapi ini dari kandangnya.

Sapi berusia 3,5 tahun ini memiliki bobot nyaris satu ton dengan tinggi 160 sentimeter dan panjang 150 sentimeter, sehingga tak heran jika sapi ini menjadi yang paling menonjol jika dibandingkan dengan sapi lain yang ada di peternakan tersebut.

Menurut Agus, sebelum terpilih untuk sapi kurban Presiden Jokowi, sapi ini telah melalui tahap pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat. Pemeriksaan dilakukan mulai dari ngambil darah hingga sample fesesnya.

Agus mengaku membutuhkan usaha yang keras dalam melakukan perawatan sapi ini agar masuk nominasi dan lolos seleksi hingga akhirnya terpilih untuk sapi kurban orang nomor satu di Indonesia ini.

“Untuk pola makan disesuaikan dan kebersihan diutamakan karena kalau tidak bersih nanti sapi ini bisa sakit. Jadi untuk perawatan sapi ini tidak jauh berbeda dengan sapi kurban lainnya, yakni dengan memberikan asupan konsentrat dua kali sehari dan rumput tiga kali sehari.” Jelas Agus

Agus pun tak menyangka jika sapi kesayangannya ini bisa lolos dan terpilih untuk sapi kurban Presiden Jokowi bersama dua sapi milik peternak dari daerah lainnya di wilayah Jawa Barat. Pihak Sekretariat Negera telah menghubunginya secara langsung dan rencananya akan dipotong di Kota Bandung. (end/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral