Petugas Kepolisian Berjaga di Gerbang Tol Ungaran.
Sumber :
  • Aditya Bayu

27 Gerbang Tol Jawa Tengah ditutup, Arus Lalu Lintas Sepi

Selasa, 20 Juli 2021 - 14:00 WIB

Kabupaten Semarang, Jawa Tengah - Sejak penetapan penutupan 27 Gerbang Tol di Jawa Tengah, arus lalu lintas terpantau menurun dan sepi. Semua akses masuk dan keluar tol ditutup selama 24 jam. Hanya kendaraan dengan kategori esensial dan kritikal yang bisa masuk ke jalur bebas hambatan ini.

Penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia yang tak kunjung reda membuat pemerintah mengambil kebijakan penyekatan exit tol (pintu keluar tol) di Jawa Tengah. Kebijakan ini sudah diterapkan sejak Jumat (16/7) dan berlaku hingga Kamis (22/7) mendatang.

Penutupan tol ini bertujuan untuk membatasi mobilitas warga dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Kesadaran masyarakat untuk mengurangi pergerakan selama penutupan  jalan tol di masa PPKM darurat ini, terlihat dari evaluasi yang dilakukan Polres Semarang.

Hasilnya, sejak penutupan tanggal 16 Juli lalu, arus lalu lintas terus menurun meski pada saat akhir pekan dan libur iduladha masih terbilang tinggi.

Pihak Polres Semarang menyatakan, selama Pintu Tol Ungaran dan Bawen ditutup, arus lalu lintas dari Semarang menuju Solo melalui ruas tol tersebut  berkurang, bahkan cenderung lengang.

Sementara kenaikan arus lalu lintas di jalan arteri juga tidak signifikan, hanya berkisar 5 hingga 10 persen saja.

Meski arus lalu lintas di jalan tol nampak lengang, tetapi petugas dari Polres Semarang, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Semarang tetap melakukan penjagaan di Gerbang Tol Ungaran dan Bawen selama 24 jam hingga berakhirnya penutupan gerbang tol pada 22 Juli. (aditya/see/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
02:13
Viral