Ilustrasi Obat.
Sumber :
  • Antara

Obat Antivirus Oseltamivir Langka di Apotek

Sabtu, 24 Juli 2021 - 20:38 WIB

Jakarta – Sidak Presiden Joko Widodo ke salah satu apotek di wilayah Bogor, Jawa Barat, yang menunjukan langkanya sejumlah obat untuk terapi Covid-19, juga terjadi disejumlah apotek di Jakarta.

Kelangkaan obat antivirus oseltamivir maupun antibiotik azithromycin juga terjadi  di apotek berkat di Rawamangun, Jakarta Timur. Stok obat oseltamivir sudah tidak ada sejak beberapa minggu lalu, begitupun obat antibiotik azithromycin.

Apoteker apotek Berkat, Kiki mengungkapkan, habisnya stok obat tersebut lantaran dari distributor juga sudah kosong dan sulit mendapatkan obat tersebut.

“Meskipun oseltamivir tidak ada, namun obat antivirus lainnya seperti avigan atau favipiravir masih tersedia di apotek. Namun, pembelian obat antivirus maupun antibiotik harus dengan menggunakan resep dokter.” Jelas Kiki.

Kiki menambahkan, untuk menghindari adanya praktek penimbunan obat,  resep tersebut pun kemudian di screening terlebih dahulu agar betul betul jelas peruntukan obat bukan untuk dijual.

Hal yang sama juga terjadi di apotek Rini Rawamangun, ketersediaan obat antivirus oseltamivir saat ini tidak tersedia. Sementara, stok  antibiotik azithromycin begitu pula dengan antivirus avigan atau favipiravir, masih tersedia.

Oseltamivir adalah obat yang dicari Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu pada saat dirinya melakukan sidak ke apotek di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral