Gubernur Sulteng serahkan tanah di plastik klip.
Sumber :
  • ikn.go.id

Ragam Bentuk Wadah Gubernur di Ritual Penyatuan Tanah dan Air di IKN: Mulai dari Plastik Klip hingga Kotak Emas

Senin, 14 Maret 2022 - 10:25 WIB

IKN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan ritual penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia, untuk mengawali momen bersejarah di Ibu Kota Nusantara (IKN), hari ini, Senin (14/3/2022).

Momen bersejarah penyatuan tanah dan air di IKN itu digelar di Titik Nol Kilometer IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dan diikuti 34 pemimpin provinsi.

Dalam prosesi tersebut, Presiden Jokowi menyatukan tanah dan air dari 34 daerah di Indonesia ke dalam sebuah gentong yang disebut sebagai Kendi Nusantara

Ada yang menarik dalam momen itu. Yakni ragam bentuk dan jenis wadah yang digunakan para gubernur atau perwakilannya untuk menyimpan tanah. Sebagian besar menampilkan kearifan lokalnya, tetapi ada juga yang agak "nyeleneh" dengan membawa plastik klip. 

Gubernur pertama yang dipanggil untuk prosesi ini adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Anies membawa tanah dan air dari wilayah Jakarta Utara. Dia menempatkan tanah di keranjang anyaman bambu berwarna kuning, serta air di kendi tanah liat.

Lalu perwakilan dari provinsi paling timur, membawa tanah dari Papua dengan tas belanja berwarna merah yang dibalut dengan tas anyaman khas Papua.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral