Wapres Ma'ruf Amin saat kunjungan kerja ke perkebunan pisang di Ponorogo.
Sumber :
  • Setwapres RI

Viral Presiden Jokowi 3 Periode, Wapres Ma'ruf Amin Malah Bilang: Cukup 2 Pisang

Kamis, 31 Maret 2022 - 11:55 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin, Rabu (30/3/2022) klarifikasi masalah tiga periode. Klarifikasi itu muncul karena dalam perjalanan dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) menuju Pasar Baledono di Kabupaten Purworejo, hingga Pasar Rakyat di Kabupaten Magelang, banyak masyarakat yang meneriakkan soal 3 periode.

Jokowi pun menanggapi perihal tuntutan 3 periode tersebut. Menurutnya, semua pihak harus taat pada konstitusi yang sudah jelas mengatur soal masa jabatan presiden.

“Yang namanya keinginan masyarakat, yang namanya teriakan-teriakan seperti itu kan sudah sering saya dengar. Tetapi yang jelas, konstitusi kita sudah jelas. Kita harus taat, harus patuh terhadap konstitusi, ya,” ujar Jokowi.

Di hari yang sama, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, berbicara tentang gerakan diversifikasi pangan dengan slogan "Kenyang Tak Harus Makan Nasi" di Ponorogo, Jawa Timur. Di momen itu, Wapres Ma'ruf menyebut 2 pisang mengenyangkan sebagai pengganti nasi.

"Sebagai perbandingan dua buah pisang itu setara dengan satu porsi nasi sebesar 100 gram. Jadi sebenarnya kalau bapak ibu makan 2 buah pisang itu artinya sudah cukup mengenyangkan untuk mengganti satu porsi nasi," kata Ma'ruf.

Menurut Wapres, kalau masyarakat makan dua pisang, tak perlu lagi makan nasi.

"Jadi makan 2 pisang tidak perlu makan nasi. Tapi biasanya kita makan nasi iya, dua pisang iya. Itu sudah berlebihan," tambahnya.

Pernyataan Jokowi dan Ma'ruf itu sebenarnya terpisah. Namun dasar netizen, mereka mengaitkan pernyatan mantan Ketua MUI tentang 2 pisang itu dengan masa jabatan presiden menjadi 3 periode.

"Wapres kan bilang, makan pisang 2 udah kenyang.. kok ini minta 3 periode. 2 belum kenyang?" cuit @madTarada di Twitter.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral