Ilustrasi - Penyerahan bantuan kepada anak yatim..
Sumber :
  • ANTARA

Pandemi, Duka Anak Yatim Piatu dan Janji Mensos

Sabtu, 7 Agustus 2021 - 08:21 WIB

Jakarta - Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak awal tahun lalu, meninggalkan duka mendalam yang hingga kini masih belum berhenti. Kementerian Sosial memperkirakan belasan ribu anak di Indonesia menjadi yatim piatu akibat orang tua mereka meninggal dunia setelah terinfeksi COVID-19.

Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kemensos Kanya Eka Santi mengatakan dari angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia yang melampaui 100 ribu kasus, Kanya mengatakan ada sekitar 17 persen yang berusia 25 hingga 40 tahun dan diperkirakan memiliki anak.

“Dari data itu saja sudah belasan ribu anak yang diperkirakan kehilangan orang tuanya, itu pun estimasi kasar dan baru kalau satu keluarga dihitung hanya satu anak,” kata Kanya, sebagaimana dikutip dari Anadolu Agency.

Sementara itu, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra meminta agar pemerintah mempercepat pendataan terhadap anak-anak yang terdampak.

Selain itu, KPAI meminta pemerintah menekan angka kematian COVID-19 untuk mengurangi potensi bertambahnya anak yatim piatu. “Penting juga untuk mempercepat vaksinasi bagi anak dan keluarga di seluruh Indonesia,” kata Jasra.

Yatim Piatu Karena COVID-19

Hingga saat ini, Kementerian Sosial terus menerima data nama dan alamat anak-anak yang orang tuanya meninggal dunia karena COVID-19 dari Balai/Loka Rehabilitasi Sosial dan Pendamping Rehabilitasi Sosial di seluruh daerah di Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:44
07:21
02:04
11:21
03:10
08:04
Viral