Menko Polhukam Mahfud MD saat di Masjid Kampus UGM (3/4/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne/Andri Prasetyo

Dukung Panglima Andika Soal Keturunan PKI, Mahfud MD: TNI Punya Alat Tes

Senin, 4 April 2022 - 08:58 WIB

Sleman, DIY - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mendukung kebijakan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa terkait diperbolehkannya warga keturunan Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk mendaftar sebagai anggota TNI. Mahfud mengatakan TNI memiliki alat tes hebat untuk mengetahui arah ideologi calon prajurit tersebut.

"TNI itu hebat lho, punya alat tes untuk tahu kecenderungan (arah ideologi) orang kemana. Itu ada alatnya dan itu ilmiah melalui ujicoba yang lama," ujar Mahfud kepada wartawan usai menjadi khatib shalat tarawih di Masjid Kampus UGM, Minggu (3/4/2022) malam.

Menurut Mahfud, dirinya tidak mempermasalahkan kebijakan tersebut. Terlebih secara normatif memang tidak kata 'keturunan' dalam aturan penerimaan prajurit TNI. 

"Ya ndak apa-apa, itu kebijakan Panglima (TNI). Dan menurut saya memang normatifnya ndak ada kata 'keturunan' itu," ungkap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut.

Menurut Mahfud, hal yang perlu ditekankan bukanlah soal keturunan PKI atau bukan. Akan tetapi lebih kepada penerimaan terhadap dasar ideologi negara dari orang yang bersangkutan.

Setiap calon prajurit TNI, kata Mahfud, nantinya tinggal diseleksi terkait ideologinya. Seleksi ideologi itu juga dikenakan kepada seluruh calon tanpa terkecuali.

"Mari kita pilih orangnya. Meskipun bukan keturunan PKI kalau ideologinya PKI ya jangan diterima di dalam seleksi itu, kan gitu karena kita sudah menganggap PKI partai terlarang, komunisme, tidak boleh menjadi dasar ideologi kita, saya kira normatifnya begitu," terang Mahfud.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral