Baliho Puan di Jalanan Jakarta (8/8).
Sumber :
  • Yasin Idris

Puan Tebar Baliho, Pakar Medsos: Demi Geser Popularitas Ganjar

Minggu, 8 Agustus 2021 - 15:37 WIB

Jakarta – Beberapa pekan belakangan, baliho Ketua DPR RI yang juga politikus PDI Perjuangan Puan Maharani, bertebaran di mana-mana. Pakar Media Sosial (medsos), Ismail Fahmi menilai, langkah itu kemungkinan diambil untuk menggeser popularitas Ganjar Pranowo.

“Baliho Puan yang bertebaran sejak beberapa minggu terakhir disinyalir untuk menggeser atau mengimbangi popularitas @ganjarpranowo,” cuit Ismail melalui akun Twitternya @ismailfahmi.

Dia kemudian menganalis data di medsos. Menurutnya dalam satu bulan terakhir, popularitas Puan meningkat.

“Tren dalam 1 bulan terakhir: popularitas Puan meningkat meski banyak sentimen negatif (sindiran). Hampir mengejar tren Ganjar,” tulisnya sambil memperlihatkan grafik “Tren Puan VS Ganjar”.

Sosok di balik aplikasi Drone Emprit ini juga mengatakan kenaikan tren Puan dikatrol dengan kampanye baliho. Aplikasi itu berfungsi memonitor dan menganalisa media sosial berbasis big data. 

“Tren Puan setara dengan tren @ridwankamil, setelah dikatrol dengan kampanye baliho. Response netizen terhadap baliho turut meningkatkan tren Puan,” katanya sambil kembali menunjukkan grafik yang memperlihatkan total “mentions” Puan dan Ridwan Kamil di berbagai tipe medsos.

Namun tren Puan masih jauh di bawah Anies Baswedan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral