Antrian kendaraan dengan laju tersendat, sempat terlihat di Jalan Raya Cipanas, Cianjur, Jawa Barat,.
Sumber :
  • Antara

Libur Tahun Baru Islam, Jalur Puncak-Cianjur Padat

Rabu, 11 Agustus 2021 - 20:34 WIB

Cianjur  - Volume kendaraan yang melintas di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, Rabu, mengalami peningkatan sejak pagi hingga menjelang malam yang didominasi kendaraan nomor polisi luar daerah.

Antrean kendaraan dengan laju tersendat sempat terlihat di Jalur Pasar Cipanas dan pertigaan Hanjawar-Puncak. 

Sebagian besar kendaraan yang melintas bernopol luar kota, berbaur dengan kendaraan warga lokal dengan tujuan vila, rumah makan dan tempat wisata yang sudah di izinkan buka, di sepanjang jalur tersebut. Sehingga sejumlah vila di kawasan Cipanas, padat didatangi pendatang baik lokal maupun dari luar kota.

Meningkatkanya volume kendaraan terus bertambah menjelang malam menuju Cianjur atau sebaliknya menuju puncak. Petugas Lantas Polres Cianjur, terlihat berjaga di sejumlah perempatan, berusaha mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi kemacetan di sepanjang jalur tersebut.

"Volume kendaraan terlihat meningkat sejak pagi sekitar pukul 10.00 WIB, bahkan hingga sore kendaraan pendatang yang berbaur dengan warga lokal terus bertambah menuju arah Cipanas dan Cianjur, " kata anggota Polantas Polres Cianjur yang minta namanya tidak disebutkan, seperti yang dikutip Antara.

Antrean kendaraan dengan laju kendaraan tersendat, ungkap petugas sempat terlihat menjelang sore, mulai dari pertigaan Pasar Cipanas hingga kawasan Puncak. Namun berbagai upaya dilakukan termasuk melakukan rekayasa arus agar tidak terjadi macet total.

Sementara Kasatpol PP Cianjur, Hendri Prasetyadi, mengatakan seiring tingginya volume kendaraan yang melintas di Jalur Puncak-Cianjur pada hari libur Tahun Baru Islam kali ini, pihaknya akan menggencarkan patroli dan razia di sejumlah pusat keramaian dan jalur protokol Cianjur, termasuk razia di tempat wisata.

"Kita melihat lonjakan kendaraan tidak terlalu tinggi, hingga malam ini, namun patroli dan razia tetap akan digelar guna menekan mobilitas warga terutama dari luar kota. Razia yustisi akan digelar di sejumlah titik termasuk di tempat wisata yang sudah diizinkan buka, " katanya.

Pihaknya mengimbau warga dan pendatang yang mengantongi surat keterangan bebas COVID-19 dan sudah mendapat vaksinasi, yang berlibur di kawasan Puncak-Cianjur, tetap menerapkan prokes ketat, serta tidak membuat kegiatan yang dapat mengundang kerumunan. "Tetap waspada, gunakan APD saat beraktifitas di luar rumah dan hindari kerumunan, " katanya. (ant)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
01:06
02:40
02:12
02:15
Viral