Digitalk – Peluang Digital di Ibukota Nusantara, secara virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat..
Sumber :
  • antara

Kominfo Akan Jadikan IKN New Smart City

Sabtu, 23 April 2022 - 22:55 WIB

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengambil langkah strategis untuk mewujudkan Ibu Kota Nusantara sebagai new smart city dan wadah ekosistem super hub sebagai pusat teknologi digital tingkat global.

Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan, upaya pembangunan smart city di IIKN ditargetkan akan memberikan dampak positif untuk tiga indikator utama kemajuan pembangunan ekosistem digital.

“Pertama peringkat sangat tinggi dalam indeks pengembangan pemerintahan digital atau e-government development indeks dari United Nation. Kedua, tingkat konektivitas digital dan TIK yang mencapai 100% untuk semua penduduk dan bisnis, dan ketiga tingkat kepuasan berbisnis atau business satisfaction bidang layanan digital yang mencapai 75% atau lebih,” jelasnya dalam Digitalk – Peluang Digital di Ibukota Nusantara, secara virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (22/4/2022).

Menteri Johnny menyatakan dengan tercapainya tiga target tersebut, smart city IKN akan menjadi kota cerdas yang nyaman, efisien dan modern yang dapat menjadi kota dunia untuk semua. 

Menurut Menkominfo langkah strategis yang tengah ditempuh saat ini dengan memperkuat jaringan kabel serat optik Palapa Ring eksisting di wilayah IKN dengan penambahan jaringan Palapa Ring integrasi. Hal itu ditujukan untuk meningkatkan utilisasi dan resiliensi jaringan tulang punggung konektivitas secara nasional.

“Kementerian Kominfo juga membangun infrastruktur TIK di kawasan IKN dengan berorientasi kepada jaringan 5G dan beyond. Saat ini, 4G adalah backbone telekomunikasi nasional kita, namun untuk IKN kita berorientasi pada jaringan 5G dan beyond serta semua persiapannya menuju ke sana,” jelasnya.

Menurut Menteri Johnny, Kementerian Kominfo juga menyiapkan infrastruktur digital agar memungkinkan penggunaan teknologi baru dan mutakhir seperti autonomous vehicles, internet of things, dan big data dapat berjalan secara simultan dan kontinu. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral