Gunung Anak Krakatau III Level Siaga, BMKG Imbau Warga Waspada Gelombang Laut Pada Malam Hari.
Sumber :
  • tvOne

Status Gunung Anak Krakatau Siaga, BMKG Imbau Warga Waspada Gelombang Laut Pada Malam Hari

Selasa, 26 April 2022 - 01:03 WIB

Lampung Selatan, tvOne

Kepala Pusat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita, meminta masyarakat untuk tetap waspada dengan meningkatnya aktivitas Gunung Anak Krakatau yang mengalami peningkatan status level III atau siaga, dengan jarak 5 kilometer dari kawah bibir pantai gunung.

Hal tersebut disampaikan Kepala BMKG Dwikorita, dalam zoom meeting yang digelar BMKG dengan mengangkat tema perkembangan Erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, serta potensi yang ditimbulkan Erupsi Gunung Anak Krakatau sebagai langkah kesiapsiagaan masyarakat.

“Warga harus tetap warga dengan aktivitas Gunung Anak Krakatau, terutama pada malam hari. Karena gelombang air laut tidak dapat terlihat dibandingkan pada siang hari,” kata Kepala Pusat BMKG, Dwikorita pada kegiatan Zoom Meeting, Senin (25/4/2022) malam.

Dwikorita menambahkan, pemerintah setempat harus menyiapkan kemungkinan terburuk yakni dengan melakukan pengecekan jalur-jalur evakuasi dan rambu-rambunya. Meskipun ini masih dalam level kesiapsiagaan, harus memastikan lokasi-lokasi evakuasi berfungsi dengan baik.

“Kita juga sudah menyiapkan peralatan berfungsi dengan baik. Belum ada potensi tsunami, tapi kita harus melakukan berbagai persiapan. BMKG bersama Kominfo akan memasang satelit untuk mempersiapkan jaringan komunikasi berjalan dengan baik bagi masyarakat di pulau yang dekat dengan Gunung Anak Krakatau,” ungkapnya.  

Sementara itu, Kapusdatinkom BNPB, Abdul Muhari mengatakan jika ada kenaikan potensi erupsi dan menimbulkan dampak tsunami, akan dilakukan sejumlah upaya evakuasi. “Saat ini kita masih mengamati dan masih dalam kesiapsiagaan. Aksi yang dilakukan akan bergantung pada situasi gunung,” jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral