Arsip. BJ Habibie saat menjadi juru kampanye partai Golkar..
Sumber :
  • tim tvOne

Yuk Mengenal Partai Golongan Karya (Golkar)

Selasa, 17 Mei 2022 - 08:12 WIB

Pada awal berdiri, Golkar bukan sebuah partai politik, melainkan perwakilan golongan melalui Golongan Karya. Ide awal Golkar yaitu sebagai sistem perwakilan (alternatif) dan dasar perwakilan lembaga-lembaga representatif. Pada 1957, sistem multipartai mulai berkembang di Indonesia. Golkar merupakan sebuah alternatif organisasi yang terdiri dari golongan-golongan fungsional.

Berikut beberapa informasi mengenai partai Golongan Karya;

1. Sejarah Berdirinya Partai Golkar.

Partai Golongan Karya merupakan partai yang muncul dari kolaborasi gagasan tiga tokoh perjuangan Indonesia, Soekarno, Soepomo, dan Ki Hadjar Dewantara. Ketiganya, mengajukan gagasan integralistik-kolektivitis sejak 1940. Semenjak itu,  gagasan tiga tokoh ini mewujud dengan adanya Golongan Fungsional. Dari nama ini, kemudian diubah dalam bahasa Sansekerta sehingga menjadi Golongan Karya pada 1959. Hingga kini, Golongan Karya dikenal dalam dunia politik nasional sebagai Golkar.

Pada awal berdiri, Golkar bukan sebuah partai politik, melainkan perwakilan golongan melalui Golongan Karya. Ide awal Golkar yaitu sebagai sistem perwakilan (alternatif) dan dasar perwakilan lembaga-lembaga representatif. 

Tahun 1957 adalah masa awal berdirinya organisasi Golkar. Pada waktu itu sistem multipartai mulai berkembang di Indonesia. Golkar sebagai sebuah alternatif merupakan organisasi yang terdiri dari golongan-golongan fungsional.

Namun seiring waktu berjalan, Golkar beralih menjadi sebuah partai politik ketika Bung Karno yang bertindak sebagai konseptor dan Jenderal TNI (Purn) Abdul Haris Nasution yang berfungsi sebagai penggerak, bersama dengan Angkatan Darat, mengubah Golkar sebagai sebuah partai politik untuk melawan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral