Presiden Jokowi sampaikan pembukaan kembali ekspor minyak goreng.
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Ekspor Minyak Goreng Kembali Dibuka, Presiden Jokowi Ingatkan Mafia: Jangan Main-Main

Kamis, 19 Mei 2022 - 17:58 WIB

Jakarta - Pemerintah memastikan akan kembali membuka ekspor minyak goreng mulai Senin (23/5/2022). Keputusan tersebut diambil oleh Presiden Joko Widodo setelah melihat kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini, serta mempertimbangkan para tenaga kerja dan petani di industri sawit.

Namun, Presiden Jokowi mengingatkan agar aparat berwenang memproses hukum orang-orang yang mencari keuntungan dari kebijakan ekspor minyak goreng ini.

"Mengenai dugaan adanya pelanggaran dan penyelewengan dalam distribusi dan produksi minyak goreng, saya telah memerintahkan aparat hukum kita untuk terus melakukan penyelidikan dan memproses hukum para pelakunya. Saya tidak mau ada yang bermain-main yang dampaknya mempersulit rakyat, merugikan rakyat,” ujar Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Jokowi memastikan pemerintah kan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat untuk memastikan pasokan tetap terpenuhi dengan harga terjangkau.

Menurut Presiden, sejak kebijakan pelarangan ekspor minyak goreng diterapkan, pemerintah terus memantau dan mendorong berbagai langkah untuk memastikan ketersediaan minyak goreng agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Berdasarkan pengecekan langsung Presiden di lapangan dan laporan yang diterimanya, pasokan minyak goreng terus bertambah.

Kepala Negara juga menjelaskan bahwa terdapat penurunan harga rata-rata minyak goreng secara nasional. Pada bulan April, sebelum pelarangan ekspor, harga rata-rata nasional minyak goreng curah berkisar kurang lebih Rp19.800, dan setelah adanya pelarangan ekspor, harga rata-rata nasional turun menjadi Rp17.200–Rp17.600.

Hal tersebut membuatnya mengambil keputusan membuka kembali keran ekspor minyak goreng.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral