Dok. - Jemaah Haji Aceh yang Baru Kembali dari Jeddah Saat Tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar..
Sumber :
  • ANTARA

Calon Jemaah Haji Belum Vaksin Lengkap Batal Berangkat

Jumat, 20 Mei 2022 - 15:54 WIB

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan, calon jemaah haji yang belum melakukan vaksin dosis lengkap atau minimal dua dosis batal diberangkat.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, salah satu syarat utama haji dari Arab Saudi adalah melakukan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

"Minimal calon jemaah sudah vaksin dosis lengkap (2 dosis), syukur-syukur booster sudah semua. Untuk yang belum divaksinasi dosis lengkap, ya batal, tidak diberangkatkan, sampai terdaftar sudah memiliki vaksinasi lengkap," kata Muhadjir, yang dikutip oleh tvonenews.com pada Jumat (20/5/2022).

Menurut data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), saat ini baru sekitar 76 persen calon jemaah haji yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

Sementara itu, masih ada sekitar 17 ribu calon jemaah haji yang belum mendapatkan vaksinasi dosis lengkap.

Dengan adanya hal ini, Muhadjir menerangkan, pemerintah akan mempercepat vaksinasi bagi calon jemaah haji yang belum mendapatkan vaksin.

"Memang masih ada juga yang belum divaksin, ada kemungkinan karena registrasi itu sekitar 17 ribu jamaah dan itu yang akan kita tuntaskan bersama Menkes. Makanya kita kebut vaksinasi dalam beberapa hari untuk calon jamaah haji,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral