Ilustrasi Virus Hendra (HeV).
Sumber :
  • pexels.com

Varian Baru Virus Hendra Ditemukan, Jangan Takut! Ikuti Cara Pencegahannya

Minggu, 22 Mei 2022 - 12:28 WIB

Jakarta – Belum selesai dengan penyebaran virus Covid-19, kembali ditemukan varian baru yakni virus Hendra (HeV) yang jauh lebih berbahaya. Diketahui, awal mula virus ini dibawa oleh kelelawar pemakan buah di Australia. 

Nama Virus Hendra (HeV) diambil dari lokasi tempat terdeteksinya virus ini pertama kali yakni di Kota Hendra, Brisbane, Australia pada tahun 1994. Saat itu, sedang terjadi penyebaran wabah penyakit yang menyerang pernapasan dan neurologi pada kuda dan manusia. 

Menurut penelitian, virus Hendra (HeV) yang masuk dalam familia Paramyxoviridae di genus Henipavirus dapat menular. Virus ini dapat ditularkan oleh kelelawar ke kuda dan manusia. 

Diketahui bahwa penularan virus Hendra (HeV) dari kelelawar ke kuda yaitu melalui buah yang terkontaminasi virus HeV karena gigitan kelelawar, lalu dimakan oleh kuda.

Sedangkan, manusia dapat tertular virus mematikan tersebut melalui kontak dengan kuda seperti kontak dengan cairan hidung dan darah kuda. 

Cara-Cara Pencegahan Agar Tidak Tertular Virus Hendra (HeV)

Sampai saat ini belum ditemukan kasus penularan langsung dari kelelawar ke manusia. Namun, ada baiknya kita melakukan pencegahan agar tidak terhindar dari penyakit mematikan ini. Profesor Zubairi Djoerban, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 IDI menyampaikan beberapa kiat agar tidak tertular penyakit ini. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral