Presidensi Indonesia G20.
Sumber :
  • dok. Bank Indonesia

Sistem Kesehatan PRR Dibahas dalam Presidensi Indonesia di G20, Apa itu?

Minggu, 29 Mei 2022 - 14:19 WIB

Jakarta - Salah satu agenda pemerintah Indonesia dalam Presidensi Indonesia di G20 adalah membahas PRR sebagai sistem kesehatan yang  tangguh. Lantas apa sebenarnya PRR? 

Dilansir dari laman resmi G20pedia, PPR atau pandemic prevention, preparedness and response, merupakan arsitektur kesehatan global yang mencakup pembiayaan menghadapi pandemi di masa depan.

Pembiayaan tersebut  berupa dana kesehatan global yang akan digunakan untuk membantu negara-negara  yang mengalami krisis kesehatan.

Dalam rangka memperkuat Arsitektur Kesehatan Global, Indonesia akan berfokus pada beberapa hal, antara lain berkomitmen membangun ketahanan sistem kesehatan global yang membutuhkan mobilisasi sumber daya kesehatan dan keuangan yang esensial.

Selanjutnya, melakukan harmonisasi standar protokol kesehatan global. Memperluas pusat manufaktur global yang mencakup vaksin, terapi, diagnostik ke negara-negara berkembang, serta berbagi pengetahuan mengenai PPR.

Selain itu, isu kesehatan berkelanjutan  (Environment Sustainable Health System/(ESHS) juga menjadi salah satu bahasan dalam Forum G20.

Seperti yang dijelaskan dalam laman G20pedia, penyelenggaraan sistem kesehatan yang berkelanjutan merupakan salah satu komitmen dan tanggung jawab bersama sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) sampai tahun 2030.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral