Sejumlah warga menandu pasien ibu hamil menuju puskesmas Elpaputih, Seram Bagian Barat, Maluku..
Sumber :
  • tim tvOne/Christ Belseran

Viral, Ibu Hamil Ditandu ke Puskesmas Sejauh 37 Kilometer

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 09:26 WIB

Seram, Maluku - Perjuangan warga Desa Huku Kecil, Kecamatan Elpaputih, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, menggotong seorang ibu hamil ke puskemas kecamatan, viral di media sosial. Kondisi ini terjadi akibat tak ada fasilitas kesehatan di desa tersebut.

Perempuan hamil bernama Yuli Litesera itu nampak digotong oleh sejumlah orang menggunakan tandu. Ia kemudian menempuh perjalanan sejauh 37 kilometer sebelum sampai ke puskemas. Video ini diabadikan oleh kerabat saat mengevakuasi Yuli dari kampungnya.

Kepada tvonenews.com, Angki seorang kerabat Yuli mengatakan bahwa Yuli merupakan pasien hamil yang sedang menunggu masa kelahiran. Ia terpaksa dievakuasi warga ke puskesmas karena sejak beberapa hari terakhir terus mengerang kesakitan di rumahnya.

“Karena tak ada fasilitas dan tenaga medis di kampung kami, selama puluhan tahun ini maka kami selaku keluarganya terpaksa menandu Yuli untuk mendapatkan pelayanan medis di puskesmas Elpaputih ibukota kecamatan,” kata Angki saat dihubungi melalui pesan Whatsapp.

Meski bersusah payah dan penuh perjuangan, Yuli akhirnya bisa mendapatkan pelayanan medis dari petugas medis di puskesmas Elpaputih.

“Sudah melahirkan dengan selamat dan ditangani oleh pihak medis kesehatan puskesmas Elpaputi," kata Angki. (Christ Belseran/Ogen Pesireron/ito)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:48
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
Viral