Co Chair T20 Prof. Dr. Djisman Simandjuntak.
Sumber :
  • tim tvOne

Menuju Presidensi G20, Kerja Sama Menjadi Faktor Penting Kesuksesan One Health

Jumat, 3 Juni 2022 - 16:05 WIB

Jakarta - Konsep One Health membutuhkan kerja sama para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu. Sebab, konsep One Health adalah cara memandang kesehatan dalam satu kesatuan secara komprehensif. 

“Kerja sama adalah faktor penting dalam kesuksesan konsep One Health,” kata Co Chair T20 Prof. Dr. Djisman Simandjuntak dalam acara Side Event T20 dengan tema Implementing and Financing One Health, di Jakarta, Kamis (2/6/2022) malam.

Menurut Ekonom Senior Centre for Strategic International Studies (CSIS) itu, kerja sama ini sangat penting. Sebab untuk mewujudkan konsep One Health dibutuhkan penelitian tentang interaksi manusia terhadap lingkungan, tanaman, hewan dan faktor-faktor lingkungan lainnya, serta mencari manfaat dari temuan hasil penelitian itu. 

“Kerja sama ilmuwan dibutuhkan untuk mendorong kemajuan dalam pengembangan sains untuk memahami konsep One Health,” ujarnya.

Tak hanya para ilmuwan saja yang perlu bekerja sama. Berbagai pihak lain seperti politisi, kelompok masyarakat sipil, dan kelompok-kelompok lainnya di tengah masyarakat pun perlu diajak bekerjasama untuk mewujudkan konsep One Health. Dalam satu negara, pemerintah pusat juga harus bekerja sama dengan pemerintah daerah, sementara di tingkat global, negara-negara maju diharapkan dapat menjalin hubungan baik dengan negara-negara yang sedang berkembang. 

Think 20 (T20) adalah salah satu engagement group dalam Presidensi G20 Indonesia 2022. Engagement group T20 ini dibentuk untuk memecahkan berbagai masalah global melalui pemikiran para ilmuwan dan peneliti dari seluruh dunia. Dengan penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia, konsep One Health ini diharapkan akan dapat diwujudkan secara plural dan multilateral. (HW)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:01
02:16
01:09
08:57
03:08
04:20
Viral