Nama Eril diikat di pohon pinggir Sungai Aare.
Sumber :
  • twitter @teguh_korjakbdg

Eril Anak Ridwan Kamil Masuk Kriteria Syahid: Jalankan Olahraga Sunnah Berenang hingga Hanyut di Sungai Aare

Sabtu, 4 Juni 2022 - 16:05 WIB

Jakarta, Indonesia - Keluarga besar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mengikhlaskan kepergian Emmeril Khan yang hanyut setelah berenang di Sungai Aare pada Kamis (26/5) lalu. Berdasarkan sejumlah kriteria yang dijelaskan hadis Nabi Muhammad SAW, Eril dinilai masuk dalam kriteria mati syahid.

“Kami sekeluarga sangat mencintai Eril. Kami melihat sosoknya dari kecil sampai tumbuh kembangnya hingga terakhir menunjukkan akhlak anak yang sholeh. Tetapi kami berperasangka baik bahwa Allah lebih mencintai almarhum Eril dan mengikhlaskan almarhum terhadap apapun takdir yang menimpanya,” ungkap Kakak Pertama Ridwan Kamil Erwin Muniruzaman dalam konferensi pers, Jumat (3/6) pagi di Gedung Pakuan.

Keluarga besar Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu juga merasakan menerima banyak hikmah dari peristiwa ini. Sebagai pemuda muslim, ia dalam perjalanan atau safar ke negeri yang jauh untuk perjuangan menuntut ilmu.

Dan di dalam aktivitas terakhirnya, Eril tengah menjalankan salah satu olahraga yang disunnahkan Nabi Muhammad yakni berenang.

Berenang adalah Olahraga Sunnah Nabi

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasa’i).

Dalam hadis lain yang diriwayatkan Umar bin Khattab, Rasulullah SAW secara langsung memerintahkan dan mencontohkan langsung kepada umat muslim untuk menjalankan tiga olahraga tersebut: "Ajari anak-anakmu berenang, memanah, dan naik kuda".

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral