Candi Borobudur.
Sumber :
  • Pixabay.com

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Naik, Netizen: Mahal Sekali Opung

Minggu, 5 Juni 2022 - 02:39 WIB

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam unggahan instagramnya megatakan akan membatasi jumlah pengunjung di kawasan wisata Candi Borobudur, Jawa Tengah, menjadi sebanyak 1.200 orang per hari. 

Selain membatasi jumlah pengunjung per harinya, dikatakan juga jika tiket masuk Candi Borobudur juga akan mengalami kenaikan menjadi 100 dolar AS untuk wisatawan mancanegara, dan Rp750 ribu untuk wisatawan domestik.

"Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5000 rupiah saja," katanya sebagaimana dikutip dari akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan di Jakarta, Minggu (5/6/2022).

Lalu dalam lanjutan keterangan unggahan tersebut dirinya mengatakan jika langkah tersebut dilakukan untuk menjaga kelestarian dan kekayaan budaya nusantara. 

Nantinya setiap wisatawan yang harus menggunakan pemandu wisata (tour guide) yang berasal dari warga lokal di sekitar kawasan Borobudur, menurutnya hal tersebut demi membuka lapangan kerja baru.

"Semua turis juga nantinya harus menggunakan tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur, ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang," Lanjut Luhut

 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral