Luapan Sungai Kapuas Merendam Lima Kecamatan di Kapuas Hulu, Kalbar.
Sumber :
  • Tut Wuri

Banjir Besar di Lima Kecamatan di Kapuas Hulu Meluas

Selasa, 24 Agustus 2021 - 10:04 WIB

Kapuas Hulu, Kalimantan Barat - Banjir yang melanda lima kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu meluas akibat tingginya intensitas hujan di wilayah tersebut belakangan ini. Sehingga Sungai Kapuas kembali meluap dan menggenangi ratusan ribu rumah penduduk dengan kedalaman air rata-rata satu hingga tiga meter lebih.

Banjir yang terjadi sejak Sabtu (21/8) sore itu terus naik hingga Senin (23/8). Bahkan ruas jalan dalam Kota Putussibau dan jalan nasional penghubung Kota Putussibau-Pontianak terendam banjir di sejumlah titik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan mengatakan hingga Senin intensitas hujan di Kapuas Hulu masih sangat tinggi. Lima kecamatan yang kini terendam adalah Kecamatan Mentebah, Kecamatan Kalis, Kecamatan Boyan, Kecamatan Tepuai, Kecamatan Putussibau Utara.

Dari pantauan udara, kondisi banjir paling parah dialami penduduk di empat kecamatan yakni Kalis, Boyan, Mentebah, dan Tepuai.

Meski air terus naik, warga masih enggan mengungsi. Menurut mereka ini banjir tahunan sehingga warga merasa bisa mengatasinya tanpa pindah ke tempat lain. Meski demikian BPBD setempat mendirikan posko banjir dan dapur umum.

Gunawan mengatakan, sejak banjir terjadi pihaknya masih mengumpulkan data dan melakukan monitoring serta membantu warga yang meminta dievakuasi.

"Kami akan melihat kondisi warga bersama Pak Bupati, untuk data korban banjir masih di input sambil menunggu laporan dari sejumlah desa, lurah dan kecamatan," ucap Gunawan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral