Syam Kamaruzzaman.
Sumber :
  • Dok.Salim Said - Dari Gestapu ke Reformasi

Misteri Syam Kamaruzzaman, Tokoh Kunci G30S PKI yang Diduga Agen CIA

Selasa, 14 Juni 2022 - 06:32 WIB

Banyak orang menyebut Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (PKI) atau G30S PKI dipimpin oleh Letnan Kolonel Untung, Komandan Pasukan Cakrabirawa, pasukan pengawal Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno. Tapi sebagian orang menyebut, justru pemimpin operasi sesungguhnya adalam Syam Kamaruzzaman.

Siapa sebetulnya Syam Kamaruzzaman?, ketika berada dalam tahanan militer, kawan-kawannya sesama tahanan politik menjauhinya, orang kepercayaan Aidit yang menjabat sebagai Kepala Biro Khusus PKI tersebut kerap diteriaki sebagai "Agen CIA!".

Syam Kamaruzzaman bin Ahmad Mubaidah, adalah tokoh kunci dalam peristiwa G30S PKI pada tahun 1965. Peristiwa berdarah tersebut menjadi tonggak sejarah runtuhnya kekuasaan Orde Lama dibawah Pimpinan Presiden Soekarno, berganti dengan Orde Baru dibawah kepemimpinan Presiden Soeharto.

"Selain peran-peran agen asing, yang juga amat penting, bahkan mutlak diteliti, adalah peran Syam Kamaruzzaman bin Ahmad Mubaidah. Sebagai intel dan Kepala Biro Khusus PKI, Syam dicurigai beberapa kalangan bekerja untuk beberapa pihak sekaligus." tulis Salim Said, dalam bukunya Dari Gestapu ke Reformasi, Serangkaian Kesaksian, terbitan Mizan 2013.

Menurut penuturan Anak Marhaen (A.M.) Hanai, salah seorang tokoh Angkatan 45 dan anak angkat Presiden Sukarno,dalam bukunya yang ber judul Menggugat Kudeta Soeharto Dari Gestapu ke Supersemar, pada zaman Revolusi Syam Kamaruzzaman, yang lahir pada 30 April 1924 di Tuban, Jawa Timur, bekerja sebagai intel polisi di Pati, Jawa Tengah. 

Di kemudian hari berseliweran informasi mengenai berbagai kegiatan intel yang pernah dikerjakan Syam. Yang paling banyak mendapat perhatian adalah kegiatannya sebagai intel tentara.

"Disebutkan bahwa di Jakarta, Syam pernah menjadi intel Kodam Jaya, di Jawa Barat pernah menjadi intel untuk Kolonel Suwarto, Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad). Yang tetap menjadi pertanyaan, apakah Syam bekerja di kalangan militer sebagai orang PKI atau dia adalah agen tentara yang disusupkan ke dalam PKI." tulis Salim. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
Viral