Presiden Jokowi meminta pemerintah segera sebarkan vaksin.
Sumber :
  • Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden

Penyakit Mulut dan Kuku Semakin Menyebar, Presiden Minta Segera Berikan Vaksin

Sabtu, 18 Juni 2022 - 23:47 WIB

Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) masih merebak di Tanah Air. Seperti di Gunungkidul, DIY setelah dua pekan pasar hewan melakukan penutupan, akhirnya saat ini telah dibuka kembali. Akan tetapi, imbas dari penutupan, penjualan hewan di pasar justru anjlok akibat sepi pembeli. 

Menurut pengelola pasar hewan setempat, transaksi jual beli hewan ternak mengalami penurunan hingga separuh dari biasanya. Kondisi ini tak lepas dari peningkatan jumlah hewan yang positif terkena penyakit ini.

Begitu pula di Malang, Jawa Timur, penyebaran wabah PMK pada hewan ternak sapi semakin meluas. Salah satu desa di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur kini mulai terserang wabah tersebut. 

Dari 2500 ekor sapi total populasi di desa tersebut, 1000 ekor telah dinyatakan positif PMK. Kemudian dalam kurun waktu dua pekan, 40 ekor sapi telah mati akibat terjangkit PMK. 

Untuk itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kepada pemerintah agar bergerak cepat untuk mengatasi masalah PMK yang menyerang hewan ternak di Tanah Air.

Seperti yang dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, pemerintah telah menyiapkan 800 ribu vaksin untuk segera disuntikan pada hewan ternak di seluruh Indonesia. 

“Suntikkan cepat-cepat, cepat, sehingga bisa melindungi sapi-sapi yang lain,” tutur Presiden dalam keterangannya usai menghadiri acara Silaturahmi dengan Alumni Penerima Kartu Prakerja di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor (17/6/2022).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:44
07:21
02:04
11:21
03:10
08:04
Viral