Herzaky Mahendra Putra, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat.
Sumber :
  • ANTARA

Hadapi 2024 Demokrat Koalisi Bersama PKS dan PKB, Tapi Belum Bicara Capres

Minggu, 19 Juni 2022 - 14:50 WIB

Jakarta - Partai Demokrat meneguhkan sikap untuk berkoalisi dengan Partai Kedailan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangitan Bangsa (PKB) untuk menghadapi hajatan pemilu 2024. Meski demikian Demokrat menegaskan belum berbicara mengenai siapa calon Presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024.

"Akhir-akhir ini, komunikasi dengan PKS dan PKB makin intens. Ada kesamaan platform, visi dan cara pandang dalam memperjuangkan hak-hak dan program-program pro rakyat. Apalagi PD-PKS-PKB pernah sama-sama dalam pemerintahan pada periode 2004-2014. Soal Capres/Cawapres kami kesampingkan dulu. Yang kami utamakan adalah apa yang terbaik untuk rakyat," kata Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (19/6/2022).

Herzaky menambahkan, langkah koalisi ditempuh oleh partai yang dipimpin oleh Agus Harymrti Yudhoyono ini karena untuk memenuhi kepesertaan pada pemilu 2024 harus memenuhi syarat Parliamentary Threshold (PT) 20 persen. "Demokrat memang membuka komunikasi dengan semua Parpol. Karena untuk ikut Pemilu 2024, harus memiliki koalisi yang memenuhi syarat PT 20%," lanjutnya.

Herzaky mengatakan bahwa pembangunan koalisi antar partai dilakukan atas dasar kesetaraan, tanpa saling mendominasi satu sama lain, membangun kepercayaan dan soliditas, serta menjunjung tinggi kedaulatan partai masing-masing. 

Tidak hanya dengan PKS dan PKB, Demokrat juga membangun komunikasi yang intens dengan satu partai politik lainnya. Namun, Herzaky enggan menyebut nama partai tersebut. "Kami juga sedang melakukan komunikasi intens dengan satu partai lagi di luar PKS dan PKB," kata Herzaky.

Meskipun Herzaky tidak menyebut nama partai politik itu, beberapa pihak meyakini parpol itu merujuk ke NasDem. Pasalnya, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dua kali berkunjung ke NasDem Tower, Kantor DPP NasDem di Jakarta, yaitu pada bulan Maret 2022 dan Juni 2022.

Dalam kunjungan keduanya, AHY dan Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh. (ant/ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral