Sorgum dapat menjadi kekuatan ketahanan pangan daerah NTT.
Sumber :
  • VIVA/ Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden

Hadapi Krisis Pangan, Strategi Presiden Perkuat Ketahanan Pangan Daerah

Selasa, 21 Juni 2022 - 18:07 WIB

Kenaikan harga bahan pangan di pasaran mengalami lonjakan drastis. Kondisi harga bahan pangan seperti cabai kini telah mencapai Rp 100 ribu di Lumajang, Jawa Timur

Harga bahan pangan lainnya yakni sayuran seperti tomat, terong dan kubis juga mengalami kenaikan. Harga normal sayuran yang bisa mencapai dibawah Rp 10 ribu, kini meroket hingga 100%.

Begitu pula di Medan, Sumatera Utara. Akibat dari naiknya harga bahan pangan, omset pedagang mengalami penurunan hingga 50%. 

Akibat harga yang mahal, pembeli beralih ke petani karena harga bahan pangan lebih murah dibanding di pasar. Hal ini disebabkan adanya krisis pangan global yang dialami Dunia. 

Baca Juga Krisis Pangan Imbas Harga Bahan Pangan Naik

Dalam kondisi krisis pangan dan energi, Presiden RI Joko Widodo memberikan pesan kepada bangsa Indonesia agar dapat bergotong royong dalam membangun kemandirian di bidang pangan sesuai keunggulan daerah masing-masing. 

“Kedaulatan pangan, ketahanan pangan betul-betul harus menjadi konsentrasi kita, fokus kita ke depan. Dan setiap daerah harus memiliki keunggulan pangan masing-masing sesuai dengan tanahnya dan kondisi masyarakatnya.” Pesan Presiden Joko Widodo pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, yang dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (21/6/2022).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral