Bahas Masalah Pangan, Presiden Jokowi Menghadiri KTT G7 di Jerman.
Sumber :
  • Setkab

Bahas Masalah Pangan, Presiden Jokowi Menghadiri KTT G7 di Jerman

Rabu, 22 Juni 2022 - 19:31 WIB

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam agendanya akan melakukan berbagai rangkaian kunjungan kerja luar negeri pada akhir bulan Juni ini. Negara yang akan menjadi tempat kunjungan Presiden antara lain Jerman, Ukraina, Rusia, dan Uni Emirat Arab.
 
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengungkapkan, Jerman menjadi salah satu negara pertama yang akan didatangi Presiden dalam rangka memenuhi undangan Jerman selaku Ketua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7. 

Pertemuan akan berlangsung di Elmau pada tanggal 26-27 Juni 2022.
 
“Beberapa negara non-G7 atau disebut G-7 Partner Countries yang mendapatkan undangan untuk hadir dalam KTT G7 adalah Indonesia, India, Senegal, Argentina, dan Afrika Selatan,” ujar Retno dalam keterangan persnya, secara virtual pada Rabu (22/06/2022).
 
Retno juga mengungkapkan, Indonesia akan membahas beberapa isu di G7 salah satunya adalah Summit for Partner Countries dimana isinya akan membahas masalah pangan. 
 
Menurut Retno persoalan pangan, energi, dan keuangan pada saat setelah terdampak pandemi COVID-19 semakin parah dan ditambah lagi dengan panasnya masalah konflik antara Rusia dan Ukraina.
 
“COVID-19 memberikan dampak pada ekonomi dunia, dan ditengah upaya pemulihan ekonomi terjadi perang di Ukraina."

"Meskipun perang terjadi di Ukraina, namun dampaknya dirasakan oleh seluruh dunia. Kita semua paham posisi Ukraina dan Rusia dalam rantai pasok pangan dan energi global,” ujarnya.
 
Setelah Presiden mengikuti KTT, dirinya akan melanjutkan kunjungan ke sejumlah negara dalam rangka melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara G7 dan negara undangan lainnya.
 
“Permintaan pertemuan bilateral banyak sekali diterima oleh Presiden dan tentunya semaksimal mungkin akan diatur,” katanya.
 
Setelah dari Jerman, Presiden Jokowi rencananya akan mengunjungi Kiev, Ukraina dan Moskow, Rusia. Dengan agenda acara pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia  Vladimir Putin.
 
“Di dalam kunjungan ke Kiev dan Moskow, tentunya Bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan Presiden Zelenskyy dan Presiden Putin,” ungkapnya. (mg5/ree)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral