Sidang Energy Transitions Working Group atau ETWG-2 Diadakan, Isu Ketahanan Energi Jadi Pembahasan Serius.
Sumber :
  • viva

Isu Ketahanan Energi Jadi Pembahasan Serius Sidang Kelompok Transisi Energi G20

Kamis, 23 Juni 2022 - 19:43 WIB

Labuan Bajo - Isu ketahanan energi menjadi pembahasan serius dalam sidang kedua Kelompok Kerja Transisi Energi atau Energy Transitions Working Group (ETWG). 

“Krisis energi juga diangkat, tapi ketahanan energi yang sedang terganggu saat ini yang tadi banyak diangkat,” kata Ketua Sidang ETWG-2, Yudo Dwinanda Priaadi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (23/6/2022).

Menurut Yudo, pemerintah Indonesia akan melihat perkembangan pembicaraan dalam sidang kedua ini untuk menjadi landasan komunike. 

“Kalau sudah menjadi consent semua negara tentunya akan mengkristal, dan mudah untuk mencapai kesepakatan. Ini baru setengah jalan, tapi suara-suara itu sudah mengkristal ke komunike," ujarnya.

Pemerintah Indonesia, kata Yudo, sejauh ini mendorong kerja sama yang bersifat lebih koheren dengan negara-negara yang mempunyai rencana dan mitra dalam sumber daya.

Dalam sidang ETWG-2 pada hari kedua besok, pemerintah Indonesia akan mencoba melihat dan mencari kesepakatan dalam merumuskan penyusunan konsep Bali Common Principles in Accelerating Clean Energy Transitions (COMPACT).

Selain Bali Compact, forum transisi energi G20 di Labuan Bajo juga akan mempresentasikan kemajuan tiga isu utama yang sudah menjadi kesepakatan di Yogyakarta pada akhir Maret 2022 lalu.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral