Ganjar Pranowo Ditunjuk PDIP Baca Rekomendasi Rakernas, Ini Kata Aktivis Sekaligus Pengamat Politik Indonesia Ray Rangkuti.
Sumber :
  • Syifa Aulia

Ganjar Pranowo Ditunjuk PDIP Baca Rekomendasi Rakernas, Ini Kata Aktivis dan Pengamat Politik Indonesia Ray Rangkuti

Jumat, 24 Juni 2022 - 14:54 WIB

Jakarta - Aktivis sekaligus pengamat politik Indonesia, Ray Rangkuti menjelaskan alasan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP menunjuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membacakan hasil rekomendasi Ideologi Pancasila, Sistem Politik, dan Pemilu 2024 di Rakernas II kemarin, (23/6/2022), di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan.

Ray Rangkuti menilai taktik tersebut untuk meredam kritik publik terhadap isu terkait Ganjar Pranowo yang dinomor duakan PDIP.

"Maksudnya meredam kritik publik yang seolah-olah PDI nomor duakan Ganjar, tidak memberi kesempatan kepada dia untuk mempopulerkan dirinya sebagai calon presiden," kata Ray saat dihubungi tvonenews, Jumat (24/6/2022).

"Iya itu bagian dari itu karena ketika Ibu Mega berbicara itu reaksi publiknya kan negatif sehingga seolah-olah Ganjar di nomor duakan. Nah untuk meredam itu dimunculkan lah Ganjar sebagai yang membaca rekomendasi," tambahnya.

Selain itu, Ray juga menganggap cara itu untuk menghapus opini publik mengenai keretakan hubungan antara Ganjar dan Megawati maupun Ganjar dan Puan.

Pendiri Lingkar Madani (Lima) itu juga menyebut PDIP ingin mengingatkan kepada Ganjar Pranowo bahwa penentuan nama calon presiden (capres) akan diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Tapi (maksud, red) ke dalam itu seolah-olah mengikat Ganjar untuk ngingetin Ganjar bahwa penentuan capres itu hak prerogatifnya ketua umum PDIP," ungkap Ray.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral