ITAGI Sebut Vaksin Booster Penting Pencegahan Covid-19, Perlu Mengutamakan Lansia.
Sumber :
  • Antara

ITAGI Sebut Vaksin Booster Penting Pencegahan Covid-19, Perlu Mengutamakan Lansia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 19:42 WIB

Jakarta - Vaksinasi penguat booster yang dilakukan untuk pencegahan penularan Covid- 19 sangatlah penting bagi warga lanjut usia. Kinerjanya di dalam tubuh diperuntukkan menjaga kesehatan dalam waktu jangka panjang.

"Studi dari WHO menunjukkan pada usia lanjut, vaksinasi COVID-19 dapat menurunkan kejadian penyakit berat, masuk rumah sakit dan kematian," kata Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), Prof. Dr. Sri Rezeki Hadinegoro, dr. SpA(K), dalam webinar "Perjalanan Vaksinasi COVID-19: Pentingnya Vaksinasi Booster di Masa Pandemi", Sabtu (25/6/2022).

Pemberian vaksin booster ini rencananya akan dilakukan oleh kelompok usia 60 ke atas dalam jangka waktu interval minimal tiga bulan setelah mendapat dosis vaksin primer lengkap mulai yang pertama sampai kedua.

Vaksinasi booster ini dilakukan secara homolog/heterolog dengan regimen vaksin yang tersedia di lapangan dan sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM berdasarkan sesuai rekomendasi ITAGI.

Vaksinasi booster homolog merupakan vaksin digunakan untuk penguat dengan jenis platform vaksin primer. Misalnya vaksin pertama dan kedua menggunakan AstraZeneca, kemudian vaksin booster juga dengan AstraZeneca.

Sementara itu vaksin booster heterolog, bisa diberikan secara individu serta dan di vaksin, namun, berbeda merek. Contohnya, vaksin pertama dan kedua menggunakan Sinovac, sementara booster dengan AstraZeneca.

Vaksin booster sangat diperlukan karena semakin lama virus corona akan terus bermutasi. Kajian kesehatan soal vaksin COVID-19 menjelaskan bahwa antibodi akan menurun dalam kurun waktu enam bulan setelah vaksinasi primer.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral