Sintong Panjaitan dan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Kolase Tvonenews.com

Ucapan Prabowo 37 Tahun Lalu Ini Bikin Sintong Panjaitan Emosi, Sintong Balik Ucap Hal Ini ke Prabowo dan Kini Jadi Kenyataan

Sabtu, 2 Juli 2022 - 16:04 WIB

Jakarta - Mantan Danjen Kopassus Prabowo Subianto yang saat ini menduduki jabatan Menteri Pertahan RI sempat 'bertarung' dengan Joko Widodo di Pilpres pada periode 2014-2019 dan 2019-2024.

Adapun pada dua pertarungan itu juga Prabowo Subianto tak pernah memenangi pertarungannya dengan Jokowi.

Meski menang, nyatanya Jokowi tak langsung meninggalkan Prabowo begitu saja.

Pada kemenangannya yang kedua, Jokowi kali ini pun merangkul Prabowo untuk terlibat langsung di pemerintahannya.

Ya, pada masa jabatan Jokowi di periode dua, Prabowo pun diberikan jabatan Menteri Pertahanan RI. Pengalaman Prabowo di dunia militer diduga kuat menjadi pertimbangan Jokowi untuk memberikan jabatan Menteri Pertahanan kepada Eks Danjen Kopassus tersebut.


Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden RI Joko Widodo (viva.co.id)

Kala itu, Prabowo resmi dilantik menjadi Menteri Pertahanan RI pada 23 Oktober 2019. Setelah resmi dilantik, Prabowo pun langsung tancap gas menjalankan tugasnya sebagai Menteri Pertahanan.

Berbicara tentang Prabowo yang kini menjadi Menteri Pertahanan, siapa sangka di baliknya pernah ada kisah yang menarik. Jabatan tersebut seperti sudah terprediksi dari 37 tahun yang lalu, oleh Letjen TNI (Purn) Sintong Panjaitan.

Seperti apa kisahnya?

Hal itu tertuang pada buku "Perjalanan Seorang Prajurit, Para Komando, Sintong Panjaitan" karya Hendro Subroto. Pada buku tersebut dikisahkan, semua berawal dari hubungan Prabowo yang memburuk dengan Sintong Panjaitan ketika masih sama-sama aktif di militer, tepatnya pada 5 Mei 1985. 

Adapun Letjen TNI (Purn) Sintong Panjaitan kala itu sudah menjabat sebagai Komandan Kopassandha tetapi belum dilantik.

Saat itu, Kolonel Bambang Sumbodo, Asisten 3/Personel, melaporkan bahwa seharusnya Prabowo Subianto selaku WAkil Komandan Detasemen-81/Antiteror sudah pindah dari Kopassandha ke Kostrad berdasarkan surat perintah KSAD yang sudah lama diterimanya.

Kala itu, Sintong Panjaitan terkejut setelah sadar bahwa surat itu ditandatangani KSAD Jenderal TNI Rudini pada saat Brigjen TNI Wismoyo Arismunandar menjabat sebagai Komandan Kopassandha.


Prabowo Subianto dan Sintong Panjaitan (kolase)

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral