Suharno, ayah dari anak yang terlindas truk dan sempat dijadikan ACT untuk galang donasi.
Sumber :
  • YouTube Aksi Cepat Tanggap

Galang Donasi untuk Korban Kecelakaan Terkumpul Ratusan Juta, ACT Ternyata Hanya Serahkan Uang Tunai Rp 3 Juta

Selasa, 5 Juli 2022 - 10:36 WIB

Jakarta - Lembaga Aksi Cepat Tanggap atau ACT menjadi sorotan publik setelah Majalah Tempo menguak sejumlah penyelewengan dana publik yang diamanatkan pada mereka. 

Hasil investigasi Tempo terhadap ACT mendapatkan sejumlah modus yang mereka pakai untuk memotong donasi publik. Salah satunya, menggalang dana untuk korban kecelakaan.

"Beberapa hari setelah kecelakaan menimpa Suharno, istri, dan anaknya, pengurus Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Bantul mendatangi rumah keluarga itu di Dusun Sanggrahan, Kecamatan Dlingo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kepada Suharno, pengurus ACT menyodorkan berkas penggalangan donasi untuk dia dan keluarganya," tulis Tempo.

Disebutkan bahwa Kaki Suharno dan anaknya, Rizal, 5 tahun, patah setelah
truk yang tak kuat menanjak di Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, mundur dan melindas sepeda motornya pada 25 Oktober 2021. Namun kaki kanan istrinya, Isti Utami, harus diamputasi.

Menurut Suharno kepada Tempo, pengurus ACT Bantul mengatakan dana yang terhimpun bisa digunakan untuk berobat. 

"Mereka pun berjanji mendampingi keluarganya hingga sembuh. Membutuhkan biaya untuk berobat dan bertahan hidup, tukang kayu itu pun menandatangani berkas penggalangan donasi," tulis majalah itu.

Pada 9 November 2021, tim ACT mengumumkan pengumpulan donasi untuk keluarga Suharno di laman Indonesia Dermawan, situs milik Aksi Cepat Tanggap. Foto Rizal yang sedang menangis beserta foto rontgen kakinya yang patah terpajang. Tertulis di situs itu: “Satu Keluarga Terlindas Truk, Bantu Adik Rizal dan Orang Tuanya Sembuh”.

Sebulan berselang, tim ACT Bantul kembali menyambangi rumah Suharno.

"Mereka membawa uang tunai Rp 3 juta, bahan kebutuhan pokok, satu kruk kaki, dan kasur senilai sekitar Rp 3 juta," tulis Tempo.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral