KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).
Sumber :
  • via NU Online

Ajaibnya Gus Dur, Tetap 'Bergerak' untuk Kemanusiaan Meski Telah Wafat

Kamis, 7 Juli 2022 - 06:00 WIB

tvOnenews - Mantan Presiden keempat Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, dikenal sebagai sosok yang memiliki nilai kemanusiaan tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Dalam pemikiran dan langkah yang diambil Gus Dur, selalu mengedepankan nilai kemanusiaan tersebut.

Dilansir dari laman NU Online, Gus Dur memiliki 9 nilai utama dimana salah satunya adalah nilai kemanusiaan. Kemanusiaan bersumber dari pandangan ketauhidan bahwa manusia adalah makhluk Tuhan paling mulia yang dipercaya untuk mengelola dan memakmurkan bumi.

Salah satu hal menarik mengenai nilai kemanusiaan Gus Dur adalah, nilai tersebut tetap berjalan meski Gus Dur telah lama berpulang.

Hal ini pernah diceritakan oleh Priyo Sambadha, mantan Staf Kepresidenan yang sekaligus ajudan pribadi Gus Dur, melalui sebuah utas singkat di akun twitter pribadinya. Priyo Sambadha adalah orang yang dipercaya menulis buku yang berjudul ‘Presiden Gus Dur The Untold Story’ dengan Anita Wahid yang menjadi editornya.

Dalam cuitannya yang diunggah pada Februari 2021 lalu, Priyo menceritakan bahwa pembangunan kawasan makam Gus Dur dibiayai oleh keluarga.

“Makam #GusDur dibiayai sepenuhnya oleh keluarga inti. Pemda hanya membangun infrastruktur pelebaran jalan, parkir bus dll demi kelancaran lalin krn ribuan peziarah setiap hari. Makam GusDur jg punya andil besar dlm peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.” tulis Priyo Sambadha, dikutip tvOnenews pada Kamis (7/7/2022).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:35
02:56
03:32
02:20
01:02
12:54
Viral