Warga berfoto di lokasi penemuan wajan raksasa di Jambidan Banguntapan, Bantul, Yogyakarta..
Sumber :
  • tim tvOne/Santosa Suparman

Heboh Penemuan Wajan Raksasa di Bantul

Kamis, 2 September 2021 - 08:19 WIB

Bantul, Yogyakarta - Sebuah wajan raksasa yang diduga peninggalan zaman penjajahan belanda ditemukan di Jambidan Banguntapan, Bantul, Yogyakarta dan membuat heboh warga sekitar. Wajan ditemukan di dalam tanah sedalam 3 meter saat dilakukan penggalian tanah untuk pembuatan lapangan.

"Wajan itu dulu zaman belanda. Diameter wajan dua meter lebih dan (ditemukan) di kedalaman dari permukaan tanah sekitar tiga meter," kata warga Jambidan, Sukardi.

Wajan raksasa itu memiliki diameter hampir mencapai tiga meter dan ketinggian 1 meter lebih. Kini wajan raksasa ini menjadi tontonan warga.

Penemuan tersebut telah dilaporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY untuk ditindaklanjuti. Namun demikian, warga berharap penemuan wajan itu tidak dipindahkan dari desanya. "Benda tersebut tidak akan dibawa kemana-mana tetap di lapangan ini, dan diusulkan dibuat semacam tugu," lanjut Sukardi.

Awal mula ditemukan wajan raksasa tersebut ketika di kawasan persawahan dusun Kretek Jambidan Banguntapan tengah melakukan pengurukan tanah yang akan digunakan untuk lapangan.

Pada saat eskavator menggali tanah sedalam 3 meter, alat berat tersebut menyentuh benda sangat keras dari logam. Setelah dilakukan penggalian lebih dalam terlihat sebuah benda berbentuk wajan. 

Menurut warga setempat, lokasi ditemukannya wajan sebelumnya merupakan area irigasi pada jaman belanda. (Santosa Suparman/ito)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral