Menlu Retno dan Menlu India Jaishankar.
Sumber :
  • Antara

Menlu Retno dan Menlu India Jaishankar Sepakat Perang Rusia-Ukraina Harus Segera Dihentikan

Kamis, 7 Juli 2022 - 22:39 WIB

Nusa Dua - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar sepakat Perang Rusia - Ukraina harus segera dihentikan. Kesepakatan itu tercetus dalam pertemuan kedua Menteri Luar Negeri itu, di sela-sela Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 (G20 Foreign Ministers’ Meeting/FMM) di Nusa Dua, Bali, Kamis (7/7/2022).

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar juga menegaskan pentingnya reintegrasi ekspor produk pertanian dari Ukraina, dan gandum serta pupuk dari Rusia dalam rantai pasok global.

Sementara dalam keterangan tertulisnya, Kementerian Luar Negeri RI mengatakan bahwa dalam pertemuan bilateral itu Menteri Luar Negeri Jaishankar menyampaikan kembali dukungan India terhadap Presidensi G20 Indonesia.

“Menteri Luar Negeri India mengapresiasi kepemimpinan Indonesia yang dapat menghadirkan semua Menteri Luar Negeri G20 dalam pertemuan kali ini, di tengah situasi dunia yang menghadapi banyak tantangan,” kata Kementerian Luar Negeri dalam keterangan pers tertulisnya.

Kedua Menteri Luar Negeri juga memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya penguatan suara negara berkembang. 

“Sudah saatnya suara negara berkembang didengarkan dalam berbagai isu internasional,” kata Kementerian Luar Negeri RI. (hw/ebs)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral