Menteri Luar Negeri RI telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Afrika Selatan, G.N.M. Pandor.
Sumber :
  • kemlu.go.id

Menlu Afrika Selatan Pandor Apresiasi Indonesia Karena Berpihak Kepada Negara-Negara Berkembang

Kamis, 7 Juli 2022 - 23:24 WIB

Nusa Dua - Menteri Luar Negeri Afrika Selatan Grace Naledi Mandisa Pandor mengapresiasi Indonesia sebagai Presiden G20 yang menunjukkan keberpihakan kepada negara-negara berkembang. 

“Hal ini dapat dilihat pada diundangnya Uni Afrika dan perwakilan dari negara-negara berkembang dalam pertemuan G20,” kata Menteri Luar Negeri Pandor saat bertemu Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di sela-sela G20 Foreign Ministers’ Meeting/FMM di Nusa Dua, Bali (7/7/2022).
Dalam konteks kerja sama multilateral, Indonesia dan Afrika Selatan sepakat tentang pentingnya suara negara-negara berkembang dapat lebih didengar dalam berbagai isu internasional. Hal ini dapat dicapai antara lain melalui forum Gerakan Non Blok.

Sementara di bidang kerja sama bilateral, kedua menlu menyambut baik peningkatan perdagangan bilateral sebesar 115 persen pada 2021, yang mencapai 2,8 miliar dolar AS (sekitar Rp42 triliun), dibandingkan tahun 2020 sebesar 1,3 miliar dolar AS (sekitar Rp19,5 triliun).

Indonesia dan Afrika Selatan juga sepakat untuk lebih meningkatkan lagi volume perdagangan bilateral pada masa mendatang.

Selain itu, kedua Menteri Luar Negeri juga menyambut baik diselesaikannya pembahasan MoU kerja sama di bidang pertahanan dan perikanan, yang akan ditandatangani dalam waktu dekat.

Selain itu, “Kedua Menteri Luar Negeri juga sepakat untuk lebih mengintensifkan kerja sama kedua negara di bidang kesehatan,” kata Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan tertulisnya. (HW/ree)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral