Financial Technology Akan Mengimplementasikan BI-FAST Pada Tahun 2023.
Sumber :
  • antara

Financial Technology Akan Mengimplementasikan BI-FAST Pada Tahun 2023

Rabu, 13 Juli 2022 - 16:53 WIB

Nusa Dua - Sekretaris Jenderal Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Handayani menyebutkan bahwa financial technology (fintech) direncanakan untuk mengimplementasikan BI-FAST pada tahun 2023. 

“Kenapa fintech saat ini belum? Karena memang di awal untuk pilot project, BI-FAST ditujukan untuk perbankan terlebih dahulu,” kata Handayani. dalam Taklimat Media Kegiatan Sampingan G20 Indonesia di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (13/7/2022).

Saat ini, kata Handayani, masih terdapat investasi yang harus dilakukan fintech untuk berpartisipasi dalam menerapkan BI-FAST. 

Nantinya, mekanisme implementasi BI-FAST fintech bisa melalui peserta langsung dan peserta tidak langsung. Peserta tidak langsung merupakan peserta yang tidak menyelenggarakan BI-FAST dan mengelola likuiditas rekening setelmen dana secara langsung. 

“Jadi peserta tidak langsung nantinya bisa bersama-sama dengan bank yang sudah ikut sebagai peserta langsung,” ujarnya.

Menurut Handayani, terdapat beberapa syarat dari sisi kualifikasi untuk bisa menjadi peserta BI-FAST. Meskipun demikian, diharapkan nantinya seluruh pelaku industri bisa memanfaatkan fasilitas BI-FAST karena BI-FAST memfasilitasi transaksi yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal (cemumuah).

Handayani mengatakan bahwa ASPI sebagai self regulator organization menjadi mitra strategis BI. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral