Wisatawan nekat mandi ditengah gelombang tinggi di pantai Ujong Blang Lhokseumawe.
Sumber :
  • Antara

Awas, Gelombang Laut di Aceh Capai Ketinggian 4 Meter

Sabtu, 4 September 2021 - 21:44 WIB

Banda Aceh, Aceh - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai ketinggian gelombang laut dalam beberapa hari ke depan. BMKG menyebut gelombang dapat mencapai ketinggian 4 meter terutama di Provinsi Aceh.

Koordinator Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad mengatakan peringatan itu dikeluarkan mulai tanggal 4 hingga 6 September mendatang.

"Waspada potensi gelombang tinggi di wilayah perairan barat Aceh dan perairan Samudera Hindia Barat Aceh, yang dapat mencapai 4 meter," kata Zakaria di Banda Aceh, Sabtu (4/9) malam.

Selanjutnya, BMKG juga meminta masyarakat waspada terhadap potensi gelombang laut dengan ketinggian mulai 1,25 hingga 2,5 meter di Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, perairan penyeberangan Banda Aceh - Sabang dan perairan Lhokseumawe.

Kemudian perairan penyeberangan kapal menuju Kabupaten Simeulue dari Kabupaten Aceh Barat atau Kepulauan Sinabang - Meulaboh. Sementara perairan barat Aceh dan perairan Samudera Hindia Barat Aceh tinggi gelombang mulai 2,5 hingga 4 meter.

Peringatan ini juga berlaku khususnya bagi nelayan dan aktivitas penyeberangan di wilayah perairan Banda aceh - Sabang dan juga Aceh Barat - Simeulue.

Untuk klasifikasi tinggi gelombang laut 1,25 hingga 2,5 meter masih kategori sedang, sedangkan ketinggian mulai 2,5 hingga 4 meter sudah kategori tinggi. (ant/afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral