Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyapa pelajar yang ikut Vaksinasi.
Sumber :
  • Kurnia Syaifullah

Positivity Rate dibawah 5 Persen, Kepri Berhasil Tekan Penyebaran Covid-19

Minggu, 5 September 2021 - 04:14 WIB

Tanjungpinang, Kepri – Pemerintah Provinsi Kepri mengklaim telah berhasil menekan dan mengendalikan angka penyebaran Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, berdasarkan angka positivity rate di Kepri yang saat ini dibawah 5 persen.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, mengatakan, untuk data yang masuk sampai hari ini positivity rate di Kepulauan Riau sudah mencapai 3,06%.

"Kalau mengacu pada standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan standar positivity rate Covid-19 di bawah 5%, berarti kita berhasil dalam menekan penyebaran Covid 19 di daerah kita. Karena capaian positivity rate Kepri hari ini sudah mencapai 3,06%," ujar Ansar Ahmad kepada wartawan, Sabtu (4/9).

Dijelaskan Ansar, semakin rendah positivity rate suatu daerah, menjadi tolak ukur semakin banyak Masyarakat yang dilakukan Tes Covid-19, dan Tracing Check-Point Monitoring terhadap Kontak positif. Hal tersebut tak lepas dari Sinergitas Satgas Covid-19 di Kepulauan Riau.

"Saya berterima kasih kepada seluruh Satgas Covid, tenaga medis, TNI/Polri, Kejaksaan, tokoh-tokoh masyarakat dan seluruh pihak yang telah mendedikasikan seluruh tenaga dan pikirannya untuk secara bersama-sama dalam menanggulangi Covid 19 di Kepulauan Riau," tambah Ansar.

Lalu apa sebenarnya positivity rate itu? Dari pengertian bahasa medis, positivity rate merupakan rasio jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 berbanding dengan total tes di suatu wilayah.

Cara menghitung positivity rate adalah jumlah total kasus positif, dibagi dengan jumlah orang yang dites dan dikalikan 100.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral