Daker Mekkah: Pembongkaran koper jadi pelajaran jamaah haji.
Sumber :
  • Antara

Daker Mekkah: Pembongkaran Koper Karena Bawa Air Zamzam Bisa Jadi Pelajaran Jamaah Haji

Kamis, 21 Juli 2022 - 00:23 WIB

Mekkah, tvOne

Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Mukhammad Khanif mengatakan pembongkaran koper jamaah haji pada kloter awal pemulangan karena membawa air zamzam menjadi pelajaran berharga bagi jamaah berikutnya agar yang membawa zamzam berkurang.

"Pemulangan jamaah terutama gelombang satu yang diberangkatkan ke Jeddah alhamdulillah berjalan lancar. Sekarang dari sisi persentase sudah menurun yang bawa zamzam, dari pengalaman kemarin jamaah kemudian mengambil pelajaran," kata Khanif di Mekkah, Rabu.

Ia mengingatkan agar jamaah betul-betul menaati peraturan terkait barang bawaan di koper karena yang tidak sesuai akan dikembalikan dan dibongkar kembali.

Selain itu, katanya, terkait aturan jamaah tidak membawa tas lain selain koper, tas tangan, dan tas paspor sudah disosialisasikan sejak jauh hari.

Sebelumnya saat awal pemulangan jamaah haji ke Tanah Air pada 15 Juli 2022 masih ditemukan banyak koper jamaah haji yang membawa air zamzam sehingga harus dibongkar kembali.

Berdasarkan aturan keselamatan penerbangan tidak boleh memasukkan air zamzam ke dalam koper bagasi.Aturan tersebut sesuai ketentuan dari edaran yang dikeluarkan General Authority of Civil Aviation (GACA).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral