Peserta mementaskan karya koreografi dalam program Temu Seni Tari..
Sumber :
  • antara

18 Koreografer Muda Indonesia Ikuti Program Temu Seni Tari di Bali

Senin, 25 Juli 2022 - 21:19 WIB

Gianyar, Bali - Sebanyak 18 koreografer muda yang terpilih dari berbagai daerah di Indonesia telah mengikuti program Temu Seni bertema tari yang diselenggarakan di Bali, dengan mementaskan pertunjukan pamungkas karya peserta.

Program yang diselenggarakan pada 18-24 Juli 2022 itu, adalah salah satu rangkaian Festival Indonesia Bertutur 2022, sebagai bagian dari Pertemuan Menteri-Menteri Kebudayaan G20 yang akan diselenggarakan di Borobudur pada September 2022 mendatang.

“Pertunjukan pamungkas di ajang Temu Seni ini adalah momen yang begitu menarik sebagai sebuah pertunjukan karya dari koreografer muda Indonesia dengan proses pengaryaan melalui pendekatan yang berbeda dan istimewa,” kata Direktur Artistik Indonesia Bertutur 2022 Melati Suryodarmo dalam keterangan pers di Kabupaten Gianyar, Bali, Senin 25 Juli 2022.

Pementasan terakhir itu diselenggarakan setelah para koreografer menjalani dan melaksanakan empat agenda utama Temu Seni yaitu Laboratorium Seni, Diskusi dan Sarasehan, Kunjungan Situs dan Kunjungan Budaya.

Dalam penampilannya, para peserta Temu Seni itu mempersembahkan karya mereka dalam tiga sesi pertunjukan yang menghadirkan 13 pementasan karya tari, baik dibawakan secara tunggal maupun kolaborasi dengan sesama peserta.

Melati Suryodarmo mengatakan para peserta laboratorium seni tari itu para koreografer muda dari berbagai wilayah di Indonesia yang diundang untuk membangun percakapan, menguji ide-ide mereka, dan menampilkan satu karya tunggal atau kolaborasi pendek pada akhir laboratorium.

Berbagai karya yang ditampilkan disarankan berdasarkan pemahaman tentang situs cagar budaya terdekat di wilayahnya, namun bebas untuk menginterpretasikan narasi dan maknanya atau mengembangkannya sesuai dengan arahan kekaryaan masing-masing.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral