OJK Mendukung Keuangan Berkelanjutan di Forum G20.
Sumber :
  • antara

OJK Mendukung Keuangan Berkelanjutan di Forum G20

Rabu, 27 Juli 2022 - 18:36 WIB

Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menegaskan komitmen institusinya dalam mendukung keuangan berkelanjutan di webinar G20 bertajuk Unlocking Innovative Financing Schemes and Islamic Finance. 

“OJK berkomitmen untuk mempromosikan keuangan berkelanjutan untuk memastikan kelancaran transisi menuju ekonomi rendah karbon,” kata Mahendra dalam sambutannya pada webinar G20 yang dilaksanakan secara daring di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Menurut Mahendra, Undang Undang Dasar 1945 mengamanatkan pelestarian clean and health environment serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Karena itu, OJK juga mendukung pemerintah mewujudkan komitmen dalam Kesepakatan Paris menuju net zero emission pada 2050 dengan menerbitkan sejumlah roadmap pembiayaan berkelanjutan sejak 2015 dan tahap kedua yang akan diselesaikan pada periode 2021-2025.

Sasaran utama dari roadmap pembiayaan berkelanjutan itu, kata Mehendra, meliputi pembentukan ekosistem yang mendukung percepatan pembiayaan berkelanjutan. 

“Juga perluasan supply dan demand untuk pembiayaan ramah lingkungan dan instrumen finansial,” ujarnya.

Selain meningkatkan pengawasan dan koordinasi dalam menerapkan keuangan berkelanjutan di Indonesia, OJK juga memberikan insentif untuk green bond dan dukungan kepada ekosistem kendaraan listrik.

Kata Mahendra Siregar, OJK juga telah mengadopsi tiga pilar pendekatan untuk mendorong pembiayaan hijau melalui taksonomi hijau, business matching dan networking antara pelaku industri dengan calon investor, serta kebijakan insentif dan disinsentif.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral