Menteri ESDM Menekankan Komitmen Indonesia Menuju Energi Bersih.
Sumber :
  • esdm.go.id

Menteri ESDM Menekankan Komitmen Indonesia Menuju Energi Bersih

Rabu, 27 Juli 2022 - 18:44 WIB

Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menekankan komitmen Indonesia untuk melakukan transisi menuju energi bersih. Presidensi G20 di Indonesia yang diiringi pandemi Covid-19 serta konflik Rusia dengan Ukraina tidak menjadi halangan untuk melanjutkan transisi menuju masa depan energi bersih dan terbarukan.

“Negara anggota G20 sudah berkomitmen untuk mencapai nol emisi karbon (nett zero emission) dengan landasan yang kokoh untuk implementasi lebih lanjut program transisi energi di masing-masing negara,” kata Arifin dalam G20 Webinar Series bertajuk Unlocking Innovative Financing Schemes and Islamic Finance yang dipantau secara virtual di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Indonesia, menurut Arifin, telah merancang peta jalan transisi energi untuk mencapai nol emisi karbon pada 2060 atau lebih cepat dengan dukungan internasional. Melalui peta jalan itu, pemerintah menargetkan untuk membangun 600 gigawatt (GW) pembangkit listrik dari sumber energi baru terbarukan dalam berbagai bauran energi, seperti air, panas bumi (geothermal), dan hidrogen.

Secara jangka pendek, kata Arifin, upaya Indonesia mengakselerasi energi terbarukan yaitu dengan menerapkan dekarbonisasi melalui konversi solar menjadi energi bersih yang bermanfaat untuk diterapkan pada pembangkit listrik tenaga diesel di daerah terpencil. 

Saat ini, Indonesia tengah mengimplementasikan pilot project untuk mengurangi karbon. 

“Kami mulai mengubah kendaraan berbahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik, penggunaan peralatan listrik rumah tangga (electric home appliances), serta implementasi perbaikan dan peremajaan awal pembangkit listrik," ucap Arifin.

Berdasarkan peta jalan PLN, pada periode 2021-2030 ditargetkan penambahan pembangkit listrik dari energi terbarukan hingga 51,6 persen atau setara dengan 21 GW. Indonesia juga berencana membangun Nusantara Supergrid untuk menggenjot pengembangan energi terbarukan guna menjaga stabilitas dan keamanan sistem kelistrikan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral