Soal Piagam Deklarasi, Pengamat Sebut PKB Takut Ditinggalkan Gerindra.
Sumber :
  • Syifa Aulia

Soal Piagam Deklarasi, Pengamat Sebut PKB Takut Ditinggalkan Gerindra

Kamis, 28 Juli 2022 - 15:51 WIB

Jakarta - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai sikap PKB membuat piagam deklarasi koalisi Pilpres 2024 sebagai siasat agar tak dikhianati Partai Gerindra.

"Kelihatannya seperti itu ya jaga-jaga antisipasi kalau koalisi bisa tidak jadi, koalisi bisa berantakan, Gerindra cabut dan berkoalisi dengan partai yang lain," kata Ujang kepada tvonenenews via telepon, Kamis (28/7/2022).

Menurutnya, PKB tak ingin melewatkan kesempatan mengusung ketua umum partainya, Cak Imin, sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Kalau Gerindra hengkang atau tidak mau berkoalisi ya tentu itu merugikan PKB karena kalau berkoalisi dengan partai lain berat untuk bisa mencawapreskan Cak Imin."

"Tetapi kalau dengan Gerindra, Cak Imin bisa menjadi cawapres karena itu bagus kompilasi kekuatan nasionalis di Prabowo dan kelompok Islam di Cak Imin atau di PKB," jelasnya.

Ujang menganggap piagam deklarasi dengan Gerindra itu menjadi penting bagi PKB. Hal itu untuk menjaga komitmen bersama agar kedua partai tersebut dapat berjuang bersama-sama dan tidak saling mengkhianati.

"Karena sudah ada pengalaman sebelumnya bagaimana yang terjadi di antara perjanjian Batu Tulis antara PDIP dengan Gerindra, dan itu tidak mau terjadi pada PKB," tutupnya. (saa/ree)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral