G20 Perlu Mewujudkan Dunia Menjadi Lebih Siap Menghadapi Krisis dan Pandemi.
Sumber :
  • Julio Tri Saputra

G20 Perlu Mewujudkan Dunia Menjadi Lebih Siap Menghadapi Krisis dan Pandemi

Kamis, 28 Juli 2022 - 18:04 WIB

Jakarta - Presiden Brazilian Academy of Sciences Helena B Nader mengusulkan agar G20 mendorong dan mewujudkan dunia menjadi lebih siap dalam menghadapi krisis dan kemungkinan pandemi atau wabah di masa mendatang.

“Wabah bukanlah masalah jika tetapi kapan, dan itulah dokumen yang disajikan G20 Academy of Science, berusaha untuk mengingatkan pemerintah kita yang mewakili ekonomi terbesar di planet ini tentang perlunya mengambil tindakan dan bersiap untuk menghadapi tantangan yang belum terbentang," kata Helena dalam S20 Pre-Summit Meeting di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Menurut Helena dunia menghadapi tantangan yang menuntut tindakan terkoordinasi selain bertindak berani. Pemerintah dari negara-negara anggota G20 harus bisa melihat jauh melampaui masalah yang saat ini menimpa.

Pandemi Covid-19, kata dia, menjadi pembelajaran nyata di mana dunia harus belajar untuk menciptakan ketahanan yang lebih tangguh dan lebih siap menghadapi krisis di masa depan karena wabah bisa terjadi tiba-tiba.

Pemerintah-pemerintah dari negara-negara anggota G20 dan dunia juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan pandemi atau krisis yang lebih dari apa yang sudah terjadi hingga saat ini.

Di sisi lain, kata Helena, dunia belum waspada tentang risiko perubahan iklim dan dampaknya terhadap kehidupan di bumi. Oleh karena itu, upaya mengatasi perubahan iklim harus segera ditingkatkan.

Tindakan preventif atau mitigasi yang diambil kini masih jauh di bawah apa yang diperlukan, sehingga perlu ditingkatkan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral