IDAI: Anak rentan terkena cacar monyet.
Sumber :
  • (ANTARA/ Zubi Mahrofi)

IDAI: Anak Terutama Bayi Rentan Terkena Cacar Monyet

Selasa, 2 Agustus 2022 - 15:59 WIB

Jakarta - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyampaikan bahwa anak lebih rentan terpapar virus cacar monyet atau monkeypox.

"Dari sisi anak, terutama bayi bisa terkena lebih rentan oleh monkeypox ini," ujar Ketua Umum IDAI Dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) dalam konferensi pers daring yang diikuti di Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Ia mengatakan orang tua perlu ekstra hati-hati untuk melindungi mereka dari penyakit menular, yakni dengan menyiapkan lingkungan yang aman.

Piprim juga mengingatkan, hingga saat ini belum ada vaksin yang spesifik untuk mencegah cacar monyet. Oleh karena itu, para orang tua juga harus mengajarkan anak menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah segala macam penyakit menular.

"Secara umum PHBS adalah sesuatu hal yang mesti kita lakukan bersama-sama untuk mencegah penyakit ini," tuturnya.

Dalam kesempatan sama, Ketua Satgas Monkeypox PB IDI, Hanny Nilasari mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan PHBS guna mengurangi risiko penularan penyakit menular seperti cacar monyet yang mulai melanda dunia.

"Secara umum PHBS adalah sesuatu hal yang mesti kita lakukan bersama-sama untuk mencegah penyakit ini (monkeypox)," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:01
04:33
03:48
05:06
00:54
05:57
Viral