Gedung KPK.
Sumber :
  • Julio Trisaputra

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak Masih Buron, KPK Panggil Wakilnya

Rabu, 3 Agustus 2022 - 13:46 WIB

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Wakil Bupati Mamberamo Tengah Yonas Kenelak sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemkab Mamberamo Tengah, Papua, Rabu (3/8/2022).

Wakil Bupati Mamberamo Tengah Yonas Kenelak diperiksa KPK untuk menjadi saksi tersangka Ricky Ham Pagawak yang merupakan Bupati Mamberamo Tengah dan kini berstatus buron.

"Hari ini, pemeriksaan saksi untuk tersangka RHP (Ricky Ham Pagawak/Bupati Mamberamo Tengah). Pemeriksaan dilakukan di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta Selatan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Rabu.

Selain Yonas Kenelak, KPK juga memanggil satu saksi lainnya untuk tersangka Ricky Ham Pagawak, yakni pegawai negeri sipil (PNS) Mamberamo Tengah, Slamet.

Saat ini, KPK belum mengumumkan secara resmi status tersangka Ricky Ham Pagawak. Lembaga Antirasuah itu akan menyampaikan hal tersebut saat penyidikan dirasa cukup dan telah dilakukan upaya paksa penangkapan maupun penahanan.

Sementara itu, KPK telah memasukkan Ricky Ham Pagawak ke dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 15 Juli 2022. Dia diduga melarikan diri ke Papua Nugini ketika hendak dijemput paksa oleh tim penyidik KPK.

KPK telah mengirimkan surat kepada National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia perihal permohonan penerbitan "red notice" untuk memburu Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral