Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta panggil Dinas Pendidikan DKI Jakarta klarifikasi kasus diskriminasi dan intoleransi di sekolah negeri ibu kota, di gedung DPRD DKI Jakarta,.
Sumber :
  • Tim tvOne/Abdul Gani Siregar

Dugaan Pemaksaan Pakai Jilbab, Dwi Sambodo: Ada 10 Sekolah di Jakarta

Rabu, 10 Agustus 2022 - 13:37 WIB

Jakarta - Sekretaris Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo mengungkapkan, setidaknya 10 sekolah negeri di DKI Jakarta terlibat dalam kasus diskriminasi dan intoleransi terhadap murid di sekolah.

"Ada 10 kasus yang kita ungkap. Pertama, di SMAN 58 Jakarta Timur. Kami sudah mediasi kepada beberapa stake holder," ujarnya.

Adapun aduan itu di antaranya terjadi di 10 sekolah, yakni di SMA Negeri 58 Jakarta pada November 2020 ada oknum guru yang melarang anak didiknya memilih ketua OSIS non Muslim. 

Kemudian, aduan terkait siswi non Muslim di SMA Negeri 101 Jakarta yang diwajibkan menggunakan kerudung pada Jumat untuk penyeragaman pakaian sekolah.

Selanjutnya, di SMP Negeri 46 Jakarta dengan aduan dari seorang pelajar kelas VII yang ditegur lisan karena tidak menggunakan jilbab di lingkungan sekolah.

Teguran berkali-kali dari para guru membuat pelajar tersebut tertekan.

Tak hanya itu level SMA dan SMP, ada juga aduan di SD Negeri 3 Cilangkap, Jakarta Timur, pada Juli 2022, yakni adanya pelajar yang dipaksa mengikuti kegiatan pengajian di mushala.

Atas kejadian tersebut Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI meminta Gubernur DKI Anies Baswedan dan jajaran terkait untuk menindak oknum guru dan kepala sekolah yang melakukan tindakan intoleran, pemaksaan dan diskriminatif terhadap pelajar.

"Saya minta jaminan ketika ada penyimpangan di lapangan, ada jaminan dari Kepala Dinas (Pendidikan) mampu memberikan sanksi yang tegas," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Gembong Warsono. (ags/mii)



 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral